6 Tren Kandungan Skincare yang Wajib Kamu Ketahui!

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Hi, girls! Kaum hawa saat ini banyak sekali yang mulai peduli akan penggunaan skincare, khususnya untuk perawatan kulit wajah agar tetap terlihat cantik dan sehat. Melansir dari Byrdie, berikut ini adalah enam kandungan skincare yang menjadi tren di 2020.

Retinol

Retinol yang merupakan turunan dari vitamin A ini lagi booming dijadikan sebagai salah satu bahan pada skincare. Kandungan retinol mampu membantu untuk eksfoliasi kulit wajah dengan mempercepat proses regenerasi atau pergantian kulit. Manfaat retinol bagi wajah juga diklaim mampu membantu menyamarkan warna kulit wajah yang kurang merata, meningkatkan produksi kolagen, mencegah timbulnya garis halus atau kerutan pada wajah (anti aging), anti inflamasi, antioksidan, antimikroba, serta anti jerawat (anti acne). Namun, efek samping dari penggunaan retinol ini adalah kulit wajah kering dan bisa menyebabkan iritasi, maka penggunaannya tidak boleh lebih dari tiga kali dalam seminggu di malam hari.

Asam Hyaluronic (Hyaluronic Acid)

Kandungan yang satu ini sudah sangat umum pada produk  skincare. Dalam tubuh kita sendiri sebenarnya sudah memproduksi Hyaluronic acid (HA), tetapi seiring bertambahnya usia maka produksinya-pun mulai berkurang. Asam ini memiliki sifat melembabkan yang tinggi sehingga manfaat HA untuk wajah membantu kelembaban sel, mengurangi kerutan, serta membantu dalam percepatan penyembuhan luka. HA ini juga baik untuk semua jenis kulit wajah loh. Salah satu contoh serum yang mengandung HA adalah SERUM SERUM SERUM dari FOREO, yang dapat diaplikasikan juga menggunakan perangkat BEAR, Mengutip dari salah satu blogger Indonesia, yaitu ratnadewi, bahwa serum yang mengandung HA ini merupakan “serum hidrasi yang secara efektif dan aman mentransfer arus mikro dari perangkat ke kulit” sehingga mampu menjaga agar kulit awet muda.

Micellar Water

Tiga tugas utama dari kandungan micellar water ini adalah sebagai penghapus atau pembersih makeup, pembersih wajah, juga sebagai toner. Di tahun 2020 ini, banyak perusahaan perawatan kulit atau skincare yang menjadikan micellar water sebagai salah satu kandungan utama dalam produknya.

Asam Laktat (Lactic Acid)

Dalam hal eksfoliasi kulit, asam laktat menjadi salah satu ‘member’-nya. Asam laktat ini berfungsi untuk membantu pengelupasan sel kulit mati pada kulit wajah. Asam laktat ini membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi kerutan wajah, memperbaiki kadar kolagen, meningkatkan proses regenerasi sel, serta membantu untuk mempertahankan agar kulit wajah lembab alami.

Asam Glikolat (Glycolic Acid)

Manfaat dari asam glikolat ini diantaranya untuk menyamarkan garis halus wajah, flek-flek hitam dan noda bekas jerawat, merangsang regenerasi sel-sel baru dan kolagen sehingga memberikan kulit wajah yang halus dan cerah. Asam glikolat ini juga dikatakan dapat membasmi komedo dan mengecilkan pori-pori, loh.

Niacinamide

Nah ini dia yang mungkin sangat sering disebut-sebut oleh influencers dan brand yang memproduksi skincare. Yup, niacinamide! Hal ini dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak. Niacinamide yang merupakan bentuk lain dari vitamin B3 dan nicotinic acid ini seringkali dijadikan sebagai bahan utama dalam produksi serum. Beberapa manfaat niacinamide untuk wajah diantaranya dapat membantu menyamarkan kerutan dan garis halus, membantu menjaga hidrasi pada kulit wajah, menyamarkan noda hitam dan jerawat, serta mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kusam. Penggunaannya produk yang mengandung niacinamide pun dapat dilakukan pada pagi maupun malam hari.


Sekarang kamu sudah mengetahui enam kandungan bahan skincare yang menjadi tren di internet pada tahun 2020. Apakah produk skincare yang sedang kamu pakai sudah mengandung salah satu bahan diatas?

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *